Minggu, 18 September 2011

Spesifikasi PC Game

Untuk membangun sebuah game center, beberapa hal yang di pertimbangkan adalah harga, performa, dan daya tahan. Berbeda dengan PC pribadi, game center membutuhkan komponen-komponen yang tidak terlalu high-end tetapi mudah untuk dirawat dan di upgrade jika diperlukan. Di usahakan set komputer yang dibangun hemat daya sehingga tidak terkena tagihan listrik yang besar.
PROSESOR
Prosesor yang digunakan harus hemat daya dan mudah untuk di upgrade. Misalkan AMD Athlon 64, harganya sang ekonomis dan masih bertenaga untuk menjalankan game-game yang baru di rilis dengan asumsi VGA card yang memadai.

MEMORY / RAM
RAM yang digunakana sebaiknya 1GB, satu keping. Selain menghemat daya, pembelian satu keping lebih ekonomis daripada yang dual-channel (dua keping), dengan perbedaan performa 5%. Umumnya RAM memiliki garansi seumur hidup karena jarang sekali mengalami kerusakan.

MOTHERBOARD
Pemilihan motherboard harus mempertimbangkan faktor upgrade ke depannya. Motherboard yang kompatible dengan prosesor dual-core sudah baik, tetapi alangkah lebih baik apabila juga mendukung quad-core.

VGA CARD
VGA Card adalah salah satu faktor utama, karena performa dan kompatibilitas di ukur dari sini. Pilihlah VGA Card yang support Shader Model 3.0 tapi dengan harga yang ekonomis. Hindari GeForce 8400GS dan Radeon 2400 karena lebah Bandwitdh memory yang menghasilkan kinerja hampir setengah.

STORAGE
Storage yang tidak terlalu besar tetapi memiliki interface SATA akan mengurangi overhead pada sistem dibandingkan IDE. Storage yang diperlukan minimal 80GB – 120GB.

KOMPONEN LAINNYA
Komponen lainnya seperti power supply, casing dan optical drive tidak terlalu menjadi prioritas. Dapat di sesuaikan dengan budget.

Contoh Spesifikasi untuk Game Center yang Optimal.
Prosesor
1. AMD Athlon 64 3200+AM2 2.0GHz harga $ 50
2. Motherboard EliteGroup/ECS A770M – A socket AM2 harga $ 70
3. RAM 1GB DDR2 667MHz Visipro harga $ 40
4. VGA Card Sparkle 8500GT / Albatron 7600GS Turbo 256MB harga $ 73
5. Storage 160GB Western Digital SATAII harga $ 50
6. Case ATX Standar + PSU 400W np harga $ 30
Optical Drive
7. DVDROM harga $ 20

Tidak ada komentar:

Posting Komentar