Sabtu, 20 Agustus 2011

MATERI KELAS XI

Sejarah Internet Indonesia

Sejarah internet Indonesia dimulai pada awal tahun 1990-an. Saat itu jaringan internet di Indonesia lebih dikenal sebagai paguyuban network, dimana semangat kerjasama, kekeluargaan & gotong royong sangat hangat dan terasa di antara para pelakunya. Agak berbeda dengan suasana Internet Indonesia pada perkembangannya kemudian yang terasa lebih komersial dan individual di sebagian aktivitasnya, terutama yang melibatkan perdagangan Internet. Sejak 1988, ada pengguna awal Internet di Indonesia yang memanfaatkan CIX (Inggris) dan Compuserve (AS) untuk mengakses internet.Inovasi dan perkembangan mesin pencari (Search Engine) di luar Google sangat luar biasa dan memiliki nilai lebih. Jadi setelah anda tahu berbagai search engine di internet anda dapat memaksimalkannya dan tidak menggantungkan pada Google karena banyak search engine....yang lebih menguntungkan dibanding Google.

Awal Internet Indonesia

Berdasarkan catatan whois ARIN dan APNIC, protokol Internet (IP) pertama dari Indonesia, UI-NETLAB (192.41.206/24) didaftarkan oleh Universitas Indonesia pada 24 Juni 1988. RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo merupakan beberapa nama-nama legendaris di awal pembangunan Internet Indonesia di tahun 1992 hingga 1994. Masing-masing personal telah mengontribusikan keahlian dan dedikasinya dalam membangun cuplikan-cuplikan sejarah jaringan komputer di Indonesia.

Tulisan-tulisan tentang keberadaan jaringan Internet di Indonesia dapat dilihat di beberapa artikel di media cetak seperti KOMPAS berjudul "Jaringan komputer biaya murah menggunakan radio"[1] di bulan November 1990. Juga beberapa artikel pendek di Majalah Elektron Himpunan Mahasiswa Elektro ITB di tahun 1989.

Internet Service Provider Indonesia

Di sekitar tahun 1994 mulai beroperasi IndoNet yang dipimpin oleh Sanjaya. IndoNet merupakan ISP komersial pertama Indonesia. Pada waktu itu pihak POSTEL belum mengetahui tentang celah-celah bisnis Internet & masih sedikit sekali pengguna Internet di Indonesia. Sambungan awal ke Internet dilakukan menggunakan dial-up oleh IndoNet, sebuah langkah yang cukup nekat barangkali. Lokasi IndoNet masih di daerah Rawamangun di kompleks dosen UI, kebetulan ayah Sanjaya adalah dosen UI. Akses awal di IndoNet mula-mula memakai mode teks dengan shell account, browser lynx dan email client pine pada server AIX.

Mulai 1995 beberapa BBS di Indonesia seperti Clarissa menyediakan jasa akses Telnet ke luar negeri. Dengan memakai remote browser Lynx di AS, maka pemakai Internet di Indonesia bisa akses Internet (HTTP).

Perkembangan terakhir yang perlu diperhitungkan adalah trend ke arah e-commerce dan warung internet yang satu & lainnya saling menunjang membuahkan masyarakat Indonesia yang lebih solid di dunia informasi. Rekan-rekan e-commerce membangun komunitasnya di beberapa mailing list utama seperti warta-e-commerce@egroups.com, mastel-e-commerce@egroups.com, e-commerce@itb.ac.id & i2bc@egroups.com.

Cuplikan-cuplikan Perjuangan IT & Internet Indonesia

Cuplikan dan catatan sejarah perjuangan Internet Indonesia dapat di baca di WikiBook Sejarah Internet Indonesia [2]di dalam internet terdapat hal-hal yang bermanfaat seperti informasi, artikel edukatif dan lain sebagainya

Pengguna Awal Internet Lewat CIX dan Compuserve

Sejak 1988, CIX (Inggris) menawarkan jasa E-mail dan Newsgroup. Belakangan menawarkan jasa akses HTTP dan FTP. Beberapa pengguna Internet memakai modem 1200 bps dan saluran telpon Internasional yang sangat mahal untuk mengakses Internet. Sejak 1989 Compuserve (AS) juga menawarkan jasa E-mail dan belakangan Newsgroup, HTTP/FTP. Beberapa pengguna Compuserve memakai modem yang dihubungkan dengan Gateway Infonet yang terletak di Jakarta. Biaya akses Compuserve masih mahal, tetapi jauh lebih murah dari CIX

Perkembangan Internet

Perkembangan Internet…

Teknologi Informasi dan Telekomunikasi (Information and Communication Technology/ICT) merupakan tulang punggung aplikasi Web 2.0. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang fenomenal dan menjadi awal munculnya aplikasi web adalah Internet. Internet yang berawal dari riset untuk pertahanan dan keamanan serta pendidikan berkembang menjadi perangkat pendukung bisnis yang sangat berpengaruh. Dalam kaitan dengan aplikasi Web 2.0 ini, terdapat beberapa peristiwa penting dalam sejarah internet.

perkembangan internet

Berawal pada tahun 1957, melalui Advanced Research Projects Agency (ARPA), Amerika Serikat bertekad mengembangkan jaringan komunikasi terintegrasi yang saling menghubungkan komunitas sains dan keperluan militer. Hal ini dilatarbelakangi oleh terjadinya perang dingin antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet (tahun 1957 Soviet meluncurkan sputnik).

Perkembangan besar Internet pertama adalah penemuan terpenting ARPA yaitu packet switching pada tahun 1960. Packet switching adalah pengiriman pesan yang dapat dipecah dalam paket-paket kecil yang masing-masing paketnya dapat melalui berbagai alternatif jalur jika salahsatu jalur rusak untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Packet switching juga memungkinkan jaringan dapat digunakan secara bersamaan untuk melakukan banyak koneksi, berbeda dengan jalur telepon yang memerlukan jalur khusus untuk melakukan koneksi. Maka ketika ARPANET menjadi jaringan komputer nasional di Amerika Serikat pada 1969, packet switching digunakan secara menyeluruh sebagai metode komunikasinya menggantikan circuit switching yang digunakan pada sambungan telepon publik.

Perkembangan besar Internet kedua yang dicatat pada sejarah internet adalah pengembangan lapisan protokol jaringan yang terkenal karena paling banyak digunakan sekarang yaitu TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol). Protokol adalah suatu kumpulan aturan untuk berhubungan antarjaringan. Protokol ini dikembangkan oleh Robert Kahn dan Vinton Cerf pada tahun 1974. Dengan protokol yang standar dan disepakati secara luas, maka jaringan lokal yang tersebar di berbagai tempat dapat saling terhubung membentuk jaringan raksasa bahkan sekarang ini menjangkau seluruh dunia. Jaringan dengan menggunakan protokol internet inilah yang sering disebut sebagai jaringan internet.

Jaringan ARPANET menjadi semakin besar sejak saat itu dan mulai dikelola oleh pihak swasta pada tahun 1984, maka semakin banyak universitas tergabung dan mulailah perusahaan komersial masuk. Protokol TCP/IP menjadi protokol umum yang disepakati sehingga dapat saling berkomunikasi pada jaringan internet ini.

Perkembangan besar Internet ketiga adalah terbangunnya aplikasi World Wide Web pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee. Aplikasi World Wide Web (WWW) ini menjadi konten yang dinanti semua pengguna internet. WWW membuat semua pengguna dapat saling berbagi bermacam-macam aplikasi dan konten, serta saling mengaitkan materi-materi yang tersebar di internet. Sejak saat itu pertumbuhan pengguna internet meroket.

Pengaruh Perkembangan Internet

Perkembangan Internet memberikan pengaruh…

Internet telah membuat revolusi baru dalam dunia komputer dan dunia komunikasi yang tidak pernah diduga sebelumnya. Beberapa Penemuan telegram, telepon, radio, dan komputer merupakan rangkaian kerja ilmiah yang menuntun menuju terciptanya Internet yang lebih terintegrasi dan lebih berkemampuan dari pada alat-alat tersebut. Internet memiliki kemampuan penyiaran ke seluruh dunia, memiliki mekanisme diseminasi informasi, dan sebagai media untuk berkolaborasi dan berinteraksi antara individu dengan komputernya tanpa dibatasi oleh kondisi geografis.

Internet merupakan sebuah contoh paling sukses dari usaha investasi yang tak pernah henti dan komitmen untuk melakukan riset berikut pengembangan infrastruktur teknologi informasi. Dimulai dengan penelitian packet switching (paket pensaklaran), pemerintah, industri dan para civitas academica telah bekerjasama berupaya mengubah dan menciptakan teknologi baru yang menarik ini.

Perkembangan Sejarah intenet dapat dibagi dalam empat aspek yaitu

  1. Adanya aspek evolusi teknologi yang dimulai dari riset packet switching (paket pensaklaran) ARPANET (berikut teknologi perlengkapannya) yang pada saat itu dilakukan riset lanjutan untuk mengembangkan wawasan terhadap infrastruktur komunikasi data yang meliputi beberapa dimensi seperti skala,performannce/kehandalan, dan kefungsian tingkat tinggi.
  2. Adanya aspek pelaksanaan dan pengelolaan sebuah infrastruktur yang global dan kompleks.
  3. Adanya aspek sosial yang dihasilkan dalam sebuah komunitas masyarakat besar yang terdiri dari para Internauts yang bekerjasama membuat dan mengembangkan terus teknologi ini.
  4. Adanya aspek komersial yang dihasilkan dalam sebuah perubahan ekstrim namun efektif dari sebuah penelitian yang mengakibatkan terbentuknya sebuah infrastruktur informasi yang besar dan berguna. Internet sekarang sudah merupakan sebuah infrastruktur informasi global (widespread information infrastructure), yang awalnya disebut “the National (atau Global atau Galactic) Information Infrastructure” di Amerika Serikat. Sejarahnya sangat kompleks dan mencakup banyak aspek seperti teknologi, organisasi, dan komunitas. Dan pengaruhnya tidak hanya terhadap bidang teknik komunikasi komputer saja tetapi juga berpengaruh kepada masalah sosial seperti yang sekarang kita lakukan yaitu kita banyak mempergunakan alat-alat bantu on line untuk mencapai

sebuah bisnis elektronik (electronic commerce), pemilikan informasi dan berinteraksi dengan masyarakat.

Sumber: tskau0.tripod.com

Sejarah Internet

Sejarah Internet dan Perkembangan Internet

Sejarah dari adanya intenet dimulai pada tahun 1969 ketika itu Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik.

Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.

sejarah internet

Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat.

Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.

Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.

Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.

Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.

Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.

Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.

Cat: diolah dari beberapa sumber.

Pengertian Internet

Apa itu Internet? Mari coba kita jabarkan Pengertian dari Internet.

Internet merupakan jaringan global komputer dunia, besar dan sangat luas sekali dimana setiap komputer saling terhubung satu sama lainnya dari negara ke negara lainnya di seluruh dunia dan berisi berbagai macam informasi, mulai dari text, gambar, audio, video, dan lainnya.

pengertian internet

Internet itu sendiri berasal dari kata Interconnection Networking, yang berarti hubungan dari banyak jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, salelit, dan lainnya.

Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini menggunakan protokol yaitu TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas untuk memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.

Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas Internet, Anda harus berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider) yang ada dan melayani daerah Anda. ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa internet. Anda bisa menggunakan fasilitas dari Telkom seperti Telkomnet Instan, speedy dan juga layanan ISP lain seperti first media, netzip dan sebagainya.

Internet memberikan banyak sekali manfaat, ada yang bisa memberikan manfaat baik dan buruk. Baik bila digunakan untuk pembelajaran informasi dan buruk bila digunakan untuk hal yang berbau pornografi, informasi kekerasan, dan lain-lainnya yang negatif.

Internet ini memungkinkan pengguna komputer di seluruh dunia untuk saling berkomunikasi dan berbagi informasi dengan cara saling mengirimkan email, menghubungkan komputer satu ke ke komputer yang lain, mengirim dan menerima file dalam bentuk text, audio, video, membahas topik tertentu pada newsgroup, website social networking dan lain-lain.


3. Contoh Jaringan Internet


  • sumber ilustrasi dari CBN
    dial up network
    begitu juga dengan komputer lain [ semua harus dikoneksikan melalui suatu alat baik itu melalui MODEM dial up, ADSL, Cable, Radio, Wave , Satelite dan handphone ] Penerima dan pemakai semua terhubung melalui alat-alat seperti diatas. dan harus berlangganan dengan salah satu provider yang menyediakan internet [ ISP / Internet Service Provider ].

to the Top 4. Berbagai Jenis Koneksi internet pada umumnya

  • Dial up = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan line telepon. Dengan menggunakan sebuah modem dial-up. Saat online [ connect ] maka telepon tidak dapat digunakan. Perhitungan pulsa telepon berjalan + biaya internet dari provider. max Kecepatan 56kb.
  • Broadband = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan kabel tv, dengan menggunakan modem broadband. Saat online dapat sekaligus nonton tidak berpengaruh. Dan biaya lebih hemat cukup membayar abodemen tv cable + biaya internet provider untuk 24 jam online [ no limit ]. kecepatan mulai dari 64kb - 256kb.
  • ADSL = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan line telepon juga. Namun ADSL menggunakan teknologi yang lebih modern. Saat online jalur telepon tidak terganggu, dapat digunakan dalam kebersamaan. Biaya cukup membayar provider internet dengan sistem perhitungan berdasarkan besarnya kilobyte yang digunakan, koneksi 24 jam online. Kecepatan mencapai 512kb.
  • HANDPHONE = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan handphone. Dapat dihubungkan melalui Bluetooth maupun usb cable data. Saat online jalur telepon juga tidak terganggu. Bisa menggunakan jaringan GSM maupun CDMA. GSM dapat lebih cepat dengan teknologi 3G atau bahkan teknologi terbaru high speed 3,5G. Sedangkan CDMA menggunakan teknologi CDMA 2000 1x hampir setara dengan 3G. Perhitungan biaya hampir sama semua yaitu menggunakan sistem perhitungan per kilobyte. Kecepatan mulai dari 64kb - 2mb.

to the Top 5. Cara koneksi melalui dial-up

  • Anda telah mengerti internet dan ilustrasi jaringannya, kini bagaimana Akses / connect ke internet?? Cara termudah adalah dengan melalui jaringan telepon. dan ISP yang kita gunakan adalah telkom, karena dengan menggunakan telkom Anda tidak perlu register ke ISP lagi. ISP di Indonesia seperti CBN, Centrin, Radnet, linknet, dll...
  • Namun biasanya menggunakan ISP koneksi internet dapat lebih cepat dan leibh murah. Disini kami akan memberikan contoh langsung akses melalui telkomnet Langkahnya adalah sebagai berikut :
    bullet Telah tersedia modem di komputer Anda, jika belum Anda dapat membelinya. Untuk saat ini sudah cukup murah yaitu berkisar dibawah 100rb-an sudah dapat. Modem Dial-up v9 56kb.
    bullet Jaringan Line telepon dari telkom / bukan ratelindo dan lainnya....
    bullet Kemudian setting di PC Anda adalah di set new connection dan pilih internet with dial up connection Isi dibawah ini [ yang lain tidak perlu di isi selain yang tertulis dibawah ini ]
    • Nomor Akses : 0809 8 9999
    • User Name : telkomnet@instan
    • Password : telkom
  • cukup dengan nomor dial up username dan password, langsung Anda dapat connect ke internet
    • Tarif berkisar : Rp 165,-/menit (sudah termasuk pulsa telepon+ Internet)
    • Kecepatan max : 56 Kbps (V.90)
  • Apakah jaringan telepon saya sudah bisa akses Telkomnet Instan ?
    Cukup mudah untuk mengetahuinya. Angkat telepon, terus tekan 0809 8 9999 dan tunggu beberapa puluh detik. Jika terdengar bunyi modem (seperti suara faks), maka Anda dapat langsung masuk dunia cyber. Jika belum punya komputer, belilah komputer termasuk modem V.90. Jangan lupa minta toko komputer untuk sekaligus setting Telkomnet Instan. Apabila Anda
  • masih bingung Anda dapat akses Q & A telkom.

to the Top 6. Cara koneksi melalui handphone

  • Untuk saat ini ada 4 CDMA di Indonesia yang dapat digunakan
    Star one = Username : startone | Password : indosat
    Flexy
    = Username : telkomnet@flexi | Password : telkom
    Fren = Username : m8 | Password : m8
    Esia = Username : esia | Password : esia
    Semuanya menggunakan nomor dial yang sama yaitu #777

Search Engine Informasi Umum


1. Yahoo!

http://yahoo.com

Dengan banyak kemiripan besar database situs, bukan berarti Yahoo! ini juga menyediakan hasil pencarian yang sama dengan Google.

2. DogPile

http://www.dogpile.com

Hasil pencarian dari DogPile ini merupakan kumpulan dari search engine besar seperti Google, Yahoo dan WIndows Live Search. Jadi anda tidak akan melewatkan sesuatu di internet melalui hasil pencarian anda.

3. AltaVista

http://www.altavista.com

Anda bisa mencari website, audio, gambar, video dan berita melalui situs ini. Selain itu, anda juga bisa mengarahkan hasil pencarian anda apakah itu seluruh dunia atau negara tertentu saja, seperti US dsb.

4. Windows Live Search

http://live.com/

Melalui search engine ini, anda bisa mencari seluruh isi web di databasenya atayu membuat sendiri halaman personalisasi anda dengan diisi informasi yang anda miliki.

5. Zuula

http://www.zuula.com

Hasil pencarian dari mesin pencari ini adalah kumpulan dari banyak mesin pencari, selain itu anda bisa menspesifikasi search engine apa yang ingin anda dapatkan hasil pencariannya. Anda juga bisa menambahkan Zuula ini pada search box firefox.

6. Mamma

http://www.mamma.com

Search engine berbasis meta ini tidak hanya membantu anda untuk mencari informasi dari web dan video tetapi anda juga dapat mencari pada white pages dan yellow pages.

7. Ask

http://www.ask.com

Ask ini membantu untuk menemukan apa yang ingin anda temukan dengan cepat dan mudah mulai dari web, gambar, blog, berita dan banyak lagi. Baru-baru ini Ask memiliki desain baru dan beberapa pemberitaan positif tentang ask di berbagai situs berita teknologi.

8. WebCrawler

http://www.webcrawler.com

Ide search engine ini adalah "mengapa harus mencoba mencari di search engine satu persatu jika semua bisa dilakukan sekaligus". Hasil pencarian dari webcrawler ini merupakan gabungan bersama dari Google, Yahoo, Windows Live dan banyak lagi.

9. Netscape Search

http://search.netscape.com/search/webhome

Anda bisa mencari informasi-informasi favorit anda dari web dari sini, meskipun bukan search engine terbaik di dunia web, tetapi banyak digunakan oleh pengguna Nescape.

10. MetaCrawler

http://www.metacrawler.com

Anda bisa mencari web, yellow pages dan white pages dari satu tempat.

11. Clusty

http://clusty.com

Gabungan dari berbagai search engine, clusty ini tidak hanya mendaftar hasil pencarian seperti yang biasa anda lihat, tetapi juga memisah-misahkannya berdasarkan cluster, kategori, sehingga membantu anda untuk menemukan apa yang anda cari dengan mudah.

12. Excite

http://www.excite.com

Search engine ini disertai dengan halaman kustomisasi dengan berita, horoskop, cuaca lokal dan banyak lagi.

13. MozDex

http://www.mozdex.com

Search engine dengan database dari direktori Dmoz dan dengan dukungan teknologi open source.

14. Kanoodle

http://www.kanoodle.com

Search engine bersponsor pay-per-click, tetapi menghasilkan hasil pencarian yang sangat lengkap dan komprehensif.

15. ExactSeek

http://www.exactseek.com

Search engine online yang sangat besar, anda bisa mencari web, blog, berita dan artikel disini. Selain itu anda juga bisa mengajukan situs anda secara gratis atau berbayar.

16. AllTheWeb

http://www.alltheweb.com

Hasil pencarian di sini disediakan oleh Yahoo, selain itu anda bisa mencari spesifik berdasarkan berita, audio dan video dalam 36 bahasa berbeda.

17. Lycos

http://lycos.com

Hasil pencarian dari lycos ini didukung oleh Ask.com dan seperti halnya Excite, anda dapat mengkustomisasi halaman homepage sesuai kebutuhan anda.

18. ScrubTheWeb

http://www.scrubtheweb.com

Di samping dunia search engine, situs ini juga memiliki banyak perangkat developer web, seperti meta tag builder dan analyzer.

19. LemmeFind

http://www.lemmefind.com

Search engine meta ini mengambil hasil pencarian dari Google, Yahoo dan MSN.

20. KarTOO

http://www.kartoo.com

Metasearch engine dengan flash menyenangkan dan antarmuka visual unik ini memiliki kelebihan, yaitu dibandingkan menampilkan daftar panjang hasil pencarian yang membosankan, Kartoo menampilkan peta interaktif untuk menemukan hasil pencarian.

21. AOL Search.

http://search.aol.com/aol/webhome

Anda bisa mencari web disini dengan bantuan dukungan dari Google untuk hasil pencariannya.

22. HotBot

http://www.hotbot.com

Dengan menggunakan hasil pencarian dari Ask.com dan MSN, disini anda juga bisa membuat filter untuk memblok informasi yang tidak anda inginkan.

23. SearchMaze

http://searchmaze.com

Search engine bersih dan menyenangkan dengan beberapa tool dan fitur seperti toolbar untuk pencarian dari lebih 150 search engine.

24. IxQuick

http://www.ixquick.com

Search engine meta yang sangat bagus, tidak hanya anda bisa menemukan apa saja dari web, tetapi juga mencari nomor telepon dan alamat melalui pencarian di direktori nomor telepon internasionalnya.

25. MSN

http://msn.com

Anda bisa mencari isi web disini seperti halnya search engine lainnya dengan disertai banyak sumber untuk mendapatkan hasil pencarian.

26. GigaBlast

http://www.gigablast.com

Search engine yang menarik dengan banyak fitur, anda bisa melarang hasil pencarian ke situs tertentu, menambahkan fitur pencarian untuk situs anda dan banyak lagi.

27. Seekz

http://www.seekz.com

Seaarch engine meta dengan clustermsitus dan penghilangan duplikasi situs dengan isi yang sama.

28. Zippy

http://www.zippy.co.uk

Search engine hebat dengan fitur spesial untuk webmaster, anda bisa membandingkan daftar 10 hasil pencarian untuk tujuan SEO, membandingkan dua situs dengan yang lain dengan fitur-fitur yang baik.

29. Iboogie

http://www.iboogie.com

Search engine meta dengan hasil cluster pencarian yang bisa dipisahkan sehingga menjadi informasi paling relevan yang berhubungan dengan kriteria anda.

30. Irazoo

http://www.irazoo.com

Anda dapat menghasilkan poin yang dapat menghasilkan hadiah dengan menggunakan search engine ini.

31. WebFetch

http://webfetch.com

Hasil pencarian dari situs ini bisa diarahkan untuk situs berbasis di UK atau seluruh dunia.


Human edited Directories and Search Engines (Direktori dan mesin pencari yang diedit oleh manusia)

32. Mahalo

http://www.mahalo.com

Situs yang diprakarsai John Calacanis ini dengan sumbangan yang sangat besar ini, sangat cocok dideskripsikan sebagai persilangan antar Wikipedia dan Google. Jika human edit result untuk permintaan anda tidak ada, anda akan dipindahkan ke hasil pencarian standar Google.

33. Dmoz

http://www.dmoz.org

Mungkin situs ini merupakan direktori mesin pencari editan manusia paling besar dan populer, semua situs harus di ajukan dan diterima untuk penempatan di direktori mereka.

34. Sproose

http://sproose.com

Search engine yang didukung oleh penggunanya ini berdasarkan pada voting hasil pencarian dan kemudian situs diberi ranking berdasarkan hal tersebut. Hal ini dapat membantu anda untuk menghasilkan hasil berkualitas tanpa semua situs tanpa kualitas yang biasa anda temukan di search engine biasanya.

35. Directory Hound

http://www.directory-hound.com

Direktori human edited dengan model seperti Dmoz, semua situs disini harus diajukan dan diterima sebelum masuk ke dalam daftar. Situs ini meliputi hampir semua kategori umum.

36. Yoofindit

http://www.yoofindit.com

Direktori dengan informasi-informasi umum, semua situs disini direview oleh anggota staff Yoofindit.

37. Best of the Web

http://botw.org

Direktori yang sangat populer, dengan panduan pengajuan yang sangat ketat dan juga mempunyai program penghargaan untuk situs dengan ranking terbaik.

38. 10 Directory

http://www.10directory.com

Direktori yang bersih dan menyenangkan untuk dilihat dan merupakan direktori web terkategorisasi.

39. Ajdee

http://www.ajdee.com

Semua situs yang diajukan disini harus di-review dan diterima dulu oleh editor sebelum masuk ke dalam daftar. Direktori ini mencakup semua kategori dan tidak memperbolehkan situs yang berhubungan dengan pornografi untuk terdaftar disini.

40. Search Turtle

http://www.searchturtle.com

Direktori web dan search engine human edited ini mengklaim memiliki panduan pengajuan yang paling ketat untuk menghasilkan hasil pencarian yang bebas spam dan penipuan.41. GoGuides

http://www.goguides.org

Komunitas ini me-review semua pengajuan situs untuk dimasukkan ke dalam daftar direktori. Dengan penampilannya yang bersih, situs ini mudah digunakan.

42. JoeAnt

http://www.joeant.com

Portal directory yang sangat besar ini dioperasikan oleh pemandu-pemandu sukarela. Anda bisa menemukan apa saja disini dan anda juga dapat mengajukan diri untuk menjadi pemandu di sini.

43. ChaCha

http://www.chacha.com

Jika kamu tidak menemukan apa yang anda cari dimanapun, dengan satu kali klik di ChaCha akan membawa anda untuk langsung bertanya pada pemandu secara langsung untuk membantu anda menemukan apa yang anda cari.


Search Engine buku dan perpustakaan


44. Librarians Internet Index

http://lii.org

SEarch engine dan direktori informasi dan sumber-sumber yang disusun oleh para pustakawan. Dana situs ini berasal dari sumbangan publik.

45. BookFinder

http://www.bookfinder.com

Anda bisa mencari lebih dari 125 juta buku dari beberapa katalog online dengan bantuan BookFinder ini.

46. AddAll

http://www.addall.com

Anda bisa mencari buku-buku favorit anda dari lebih dari 40 toko berbeda dan 20.000 server berbeda, termasuk Amazon.com

47. UsedBookSearch

http://www.usedbooksearch.co.uk

Anda bisa mencari ribuan toko online untuk mencari buku cetak second dan langka.

48. ComicSeeker

http://www.comicseeker.com

Jika Buku komik lebih cocok dengan gaya anda, anda bisa mencari komik yang jarang anda dan bisa anda koleksi disini.


Search Engine dan Direktori Bisnis

49. Bpubs

http://www.bpubs.com

Search engine bisnis dan direktori untuk semua hal yang berhubungan dengan publikasi bisnis dan perdagangan.

50. BizEurope

http://www.bizeurope.com

Direktori ekstensif dan portal perdagangan untuk bisnis-bisnis di eropa.

51. Business

http://www.business.com

Search engine dan direktori bisnis yang memiliki database besar.

52. HongKong Business Directory

http://www.business-directory.com.hk/HongKong.htm

Direktori informasi yang berisi lebih dari 100.000 bisnis yang berbasis di HongKong.

53. World-Trade-Search

http://world-trade-search.com

Search Engine dan direktori perdagangan untuk bisnis di seluruh Amerika, eropa dan Asia.

54. Jayde

http://www.jayde.com

Search engine B2B (business to business) yang sangat populer. Anda dapat menemukan bisnis-bisnis pada banyak pasar berbeda.

55. AardvarkBusiness.net

http://www.aardvarkbusiness.net

Anda bisa menemukan ribuan website bisnis dari seluruh dunia dengan search engine ini.

56. Cyber TradeZone

http://www.cybertradezone.com

Direktori global yang berisi database importer dan exporter.

57. Zibb

http://www.zibb.com

Search engine global untuk menemukan bisnis di web.

58. Made-in-China.com

http://www.made-in-china.com

Direktori perdagangan produk dari supplier cina.

59. MasterSeek

http://www.masterseek.com

Anda dapat menemukan informasi bisnis dan kontak dari berbagai perusahaan di 75 negara. Anda dapat menyaring hasil pencarian berdasarkan negara-negara tertentu.

60. BusinesSeek

http://www.businesseek.com

Direktori bisnis dan search engine global.

61. KellySearch

http://www.kellysearch.com

Direktori ini berisi lebih dari 2juta bisnis dan produk dari seluruh dunia.

62. SmallBizSearch

http://www.smallbizsearch.com

Search engine bisnis kecil dan menengah yang disediakan oleh Entrepreneur.com

63. BusinessCrawler

http://www.businesscrawler.net

Search engine dan direktori bisnis yang sangat besar.

64. BizAhead

http://www.bizahead.com

Direktori internasional B2B (business to business).

65. Alibaba.com

http://www.alibaba.com

direktori ekstensif perdagangan global, memiliki banyak sekali produk dan perusahaan manufaktur berbeda tersedia disini.


Search Engine Musik, Audio dan Video

66. Project Playlist

http://www.projectplaylist.com/music

Hasil pencarian dari search engine ini berasal dari label record, website artis, blog musik dan situs-situs lainnya. Anda bisa mencari berdasarkan nama artis, judul lagu atau keduanya.

67. PodNova

http://www.podnova.com

Search engine podcast dan video blog. Anda bisa mencari direktori atau browsing berdasarkan tag, selain itu anda juga bis a menambahkan feed rss situs anda disini agar terdaftar.

68. Truveo

http://www.truveo.com

Anda bisa mencari jutaan video di web dengan update realtime. Truveo ini menjadi sumber terbesar menemukan video setelah dibeli oleh AOl pada tahun 2006 lalu.

69. Espew

http://www.espew.com

Search engine Mp3 yang mengumpulkan hasil pencarian dari semua web. Layanan ini gratis dan legal karena mereka yang membayar ke label record untuk setiap lagunya.

70. SkeemR

http://www.skreemr.com

Search engine ini mengumpulkan file-file audio dari berbagai web yang bisa diakses dan didownload publik.

71. EveryZing

http://www.findsounds.com

Search engine media untuk mencari file-file audio dan video melalui berbagai channel dan tempat di web.

72. Blinkx

http://www.blinkx.com

Search engine terbesar di dunia untuk menemukan video di berbagai web penyedia video.

73. ScoopVid!

http://scoopvid.com

Anda bisa mencari video-video populer berdasarkan jam, hari dan bulan video tersebut diajukan, selain itu anda juga bisa mencari video di berbagai website penyedia video.

74. MusicIP

http://www.musicip.com

Anda bisa mencari artis-artis baru dengan search engine musik digital ini. Selain itu anda juga bisa sign up untuk memasukkan rekaman anda sendiri di dalam indeksnya.

75. MusicHits

http://www.musichits.org

Anda bisa menemukan apa saja mulain dari halaman website pemusik, penjualan musik hingga situs berita musik disini. Direktori yang ekstensif.

76. Mp3Realm

http://www.mp3realm.org

Anda bisa mencari file-file Mp3 berdasarkan artis, judul, genre dan album.

77. Musicians-Search.net

http://www.musicians-search.net/index/html?page=categories

Direktori situs yang berhubungan dengan musik ini selalu di-update penggunanya. Anda bisa mencari berdasarkan genre atau instrumen

78. MusicSearcher

http://www.musicsearcher.com

Anda bisa mencari atau browsing berdasarkan artis favorit atau genre musik, selain itu mereka juga mengumpulkan berbagai berita di industri musik.

79. Vdoogle

http://vdoogle.com

Search engine ini mengumpulkan hasil pencarian dari situs seperti YouTube dan Google Video untuk video-video sharing dan viral.

80. The Brass Band Portal

http://www.bandsman.co.uk

Jika brass band (drum band) adalah apa yang anda cari, mesin pencari ini didedikasikan untuk menemukan informasi-informasi yang berhubungan dengan brass band.

81. Artist Direct

http://ubl.artistdirect.com

Jaringan yang berhubungan dengan layanan situs musik ini dapat membantu anda untuk menemukan situs multi-media, e-commerce yang berhubungan dengan musik, berita musik dan banyak lagi.

82. PodScope

http://www.podscope.com

PodScope ini adalah search engine pertama yang membantu anda mencari dan menemukan berbagai podcast berdasarkan kata yang diucapkan oleh podcast tersebut.

83. MusicRobot

http://www.musicrobot.com

Anda bisa mencari di internet file-file MIDI musik favoritmu.

84. Pixsy

http://www.pixsy.com

Search engine media ini sangat menyenangkan, anda bisa mencari banyak gambar-gambar dan video-video yang sesuai dengan keinginan anda.

85. Music crawler

http://www.musiccrawler.net

Salah satu search engine musik yang terbaik dan berbasis di U.S., anda bisa menemukan musik-musik favorit dimanapun di web.

86. LyricsPoint

http://lyricspoint.com

Jika anda mencari lirik lagu, search engine ini mengumpulkan lebih dari 100rb lirik lagu yang cocok dengan kriteria anda.

87. Mu-Seek

http://mu-seek.com

Anda bisa mencari web berdasarkan musik-musik favorit, berdasarkan kata-kata judul atau kata-kata pada lirik lagu, jika anda tidak ingat lagu apa judulnya.

88. Ulinkx

http://www.ulinkx.com

Search engine video sosial ini bisa anda cari berdasarkan video-video populer berdasarkan tag atau favorit kesukaan anda.

89. MELE

http://www.mele.com/resources/search.html

Search engine ini bisa membantu anda untuk menemukan musik-musik hawai berdasarkan nama artis, nama album atau judul lagu.

90. SeeqPod

http://www.seeqpod.com

Search engine ini mengumpulkan berbagai musik dari seluruh web, dan menampilkan hasil pencarian pada antarmukanya yang bersih. Anda juga dapat mendengarkan musik langsung dari hasil pencarian anda untuk langsung mengetahui apakah musik tersebut yang anda cari.

91. MusicVideos4All

http://www.musicvideos4all.com

Anda bisa mencari berdasarkan web untuk menemukan musik video favorit anda dan browsing langsung disini.

92. VidSea

http://www.vidsea.com

search engine beta ini ditujukan untu para pemburu video.


Search Engine dan Direktori RSS dan Blog


93. BlogSearchEngine

http://www.blogsearchengine.com

Hasil pencarian berdasarkan search engine ini berasal dari lebih dari 10juta blog di seluruh web.

94. Google Blog Search

http://blogsearch.google.com

Anda bisa mencari melalui indeks Google untuk menemukan blog tentang topik favorit anda.

95. Bloogz

http://www.bloogz.com

Search engine blog seperti halnya yang lain.

96. Total Blog directory

http://www.totalblogdirectory.com

Direktori blog terkategorisasi.

97. BritBlog

http://www.britblog.com

Direktori blog berbasis di Inggris yang bisa anda cari.

98. Real Estate Blogs

http://www.real-estate-blogs.com/blogs

Direktori besar blog yang berafiliasi dengan pasar real estate.

99. Technorati

http://technorati.com

Salah satu direktori blog yang paling populer ini memiliki index lebih dari 100juta blog yang mencakup hampir semua topik.

100. BlogDigger

http://www.blogdigger.com/index.html

Search engine ini dapat membantu anda menemukan blog dan RSS Feed.

101. BlogHub

http://www.bloghub.com

Direktori online blog dan sumber-sumber bagus untuk blogger.

102. Blog-Search

http://www.blog-search.com

Disini anda bisa menemukan berbagai macam blog favorit dan RSS feed blog tersebut.

103. BlogCatalog

http://www.blogcatalog.com

Direktori blog sosial yang sangat besar, anda bisa menemukan blog dan menambahkan blog anda sendiri ke dalam list tersebut.

104. Bloglines

http://www.bloglines.com/search

Anda bisa mencari dan sharing feed berita favorit anda, blog dan web dengan isi yang kaya lainnya.

105. BlogExplosion

http://www.blogexplosion.com/directory/

Direktori blog ini mencakup hampir semua kategori yang anda ingin cari.

106. Peace Corps Journals

http://www.peacecorpsjournals.com

Direktori ini memiliki lebih dari 3000 blog yang disusun oleh para sukarelawan Peace Corps dari seluruh dunia.

107. Find That Feed

http://grumet.net/syo/findThatFeed

Melalui situs ini anda bisa mencari feed web berdasarkan kata kunci



Tidak ada komentar:

Posting Komentar